menu

Wednesday 29 July 2015

limpahkanlah shalawat dan salam

Rasulullah sholallahu 'alaihi wasallam bersabda:
Apabila kamu mendengar adzan maka katakanlah seperti yang diucapkan oleh muadzin, kemudian bershalawatlah atasku, karena barang siapa yang bershalawat atasku satu kali, maka Allah akan bershalawat atasnya sepuluh kali, kemudian mohonkanlah kepada Allah untukku wasilah karena wasilah adalah kedudukan di surga yang tidak layak kecuali bagi seorang hamba dari hamba-hamba Allah dan saya sungguh berharap menjadi orang yang mendapatkannya, dan barang siapa memohonkan untukku wasilah maka dia akan mendapatkan syafa'at.
HR. Muslim
.
Sesungguhnya dari hari-hari kalian yang paling utama adalah hari jum'at, di hari itu Adam 'alaihis salam diciptakan, dan di hari itu dia meninggal, di hari itu ditiupnya sangkakala (tiupan pertama yang pada waktu itu alam semesta menjadi hancur), di hari itu terjadi matinya semua makhluk (kecuali yang dikehendaki Allah), oleh karena itu perbanyaklah shalawat atasku pada hari itu, karena shalawat kamu ditampakkan kepadaku. Para sahabat berkata: Wahai utusan Allah! bagaimana ditampakkan kepadamu shalawat kami, padahal engkau sudah hancur luluh? maka Rasulullah sholallahu 'alaihi wasallam menjawab: Sesungguhnya Allah mengharamkan kepada bumi jasad para Nabi sholallahu 'alaihi wasallam.
HR. Abu Daud (dishahihkan oleh An-Nawawi dalam Kitab Riyadhus shalihin)
.
Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian kuburan (tidak dibaca Al-Qur'an, tidak dilaksanakan shalat di dalamnya dll) dan janganlah kalian jadikan kuburanku tempat yang selalu dikunjungi dengan berulang-ulang, dan bershalawatlah atasku, karena shalawat kalian sampai kepadaku dimanapun kalian berada.
HR. Abu Daud
.
Celakalah orang yang aku disebut padanya, lalu dia tidak mengucapkan shalawat.
HR. Tirmidzi
.
ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻭَﺳَﻠِّﻢْ ﻋَﻠَﻰ ﻧَﺒِﻴِّﻨَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ
.
Allahumma shollii wa sallim 'alaa nabiyyinaa Muhammad.
.
"Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada Nabi kami Muhammad".

No comments:

Post a Comment